Peta Surabaya

Peta Surabaya Lengkap

Peta Surabaya – Kota Surabaya adalah kota metropolitan terbesar kedua di Indonesia dan merupakan ibu kota provinsi Jawa Timur. Jika kita melihat peta Surabaya berada di sisi utara pulau Jawa bagian timur berseberangan dengan pulau Madura.

Dengan jumlah penduduk mencapai 2.9 juta jiwa, menjadikan kota ini kota terpadat kedua. Kota Surabaya termasuk ke dalam wilayah Gerbangkertosusila dengan jumlah penduduk mencapai 10 juta jiwa. Besaran tersebut membuat wilayah berada di peringkat kedua setelah Jabodetabek.

Kota ini memiliki julukan kota Pahlawan karena peristiwa perjuangan yang terjadi di sini. Peranan perjuangan pahlawan yang berada di kota ini sangat diperhitungkan sebagai perjuangan melawan penjajah. Di bawah ini akan diulas sedikit tentang Surabaya, simak ulansannya.


Gambar Peta Surabaya

Peta Surabaya Lengkap


Peta Surabaya Lengkap

Gambar Peta Surabaya


Peta Buta Surabaya

Peta Buta Surabaya


Sejarah Dan Asal Usul Surabaya

Dalam bukti sejarah yang ada, menunjukkan bahwa kota Surabaya telah ada jauh sebelum zaman kolonial. Nama kota Surabaya tercantum pada prasasti bernama Trowulan I (1358 M) dan pujasastra Kakawin Nagarakertagama 1365 M). Hal itu sebagai bukti nyata keberadaan kota Surabaya di bumi Nusantara.

Meskipun bukti menunjukkan seperti itu, namun diyakini kalau kota Surabaya telah ada jauh sebelum tahun dibuatnya kedua prasasti tersebut. Ada pendapat sejarahwan lain yaitu Surabaya dahulunya merupakan sebuah daerah dengan nama Ujung Galuh.

Versi lain mengatakan bahwa Surabaya berasal dari sebuah keraton yang didirikan oleh Raden Wijaya. Nama Surabaya berasal dari perkelahian antara Sawunggaling yang pandai ilmu Sura dan Adipati Jayanegara yang menguasai ilmu Buaya. Keduanya meninggal setelah memperebutkan sebuah keraton, yang akhirnya diberi nama Surabaya.

Informasi Geografis Surabaya

Secara geografis kota Surabaya berada pada 07 derajat 9 menit -07 derajat 21 menit Lintang Selatan dan 112 derajat 36 menit sampai 112 derajat 54 menit bujur timur. Memiliki luas wilayah berupa daratan seluas 350,54 kilo meter persegi dan lautan 190.39 kilo meter persegi. Semua data tersebut bisa anda temukan di peta Surabaya jika anda ingin membuktikannya.

Selain informasi tentang letak koordinat dan luas wilayah juga ada data tentang keadaan geologi dan topografi Surabaya, sebagai berikut:

  • Geologi: Kondisi geologi kota Surabaya terdiri dari daratan dan perairan yang aman dari gempa bumi dan tanah ambles. Sehingga pembangunan infrastruktur akan aman tanpa memerlukan rekayasa yang geoteknik yang memakan banyak biaya.
  • Topografi: Nampak pada peta Surabaya dan Indonesia, jika Surabaya terletak di tepi pantai utara pulau Jawa provinsi Jawa Timur. Wilayahnya berbatasan langsung dengan Selat Madura di sebelah utara dan timur, Sidoarjo di sebelah selatan, Gresik di sebelah barat.
  • Iklim: Kota Surabaya memiliki iklim tropis seperti seluruh wilayah Indonesia yang lain, dimana ada dua musim yaitu hujan dan kemarau. Memiliki curah hujan rata-rata 165,3 mm, degan curah hujan tertinggi adalah 200 mm.

Curah hujan tertinggi terjadi pada bulan Januari hingga Maret atau November hingga Desember. Memiliki suhu udara rata-rata yang berkisar antara 23,6 derajat Celsius sampai 33,8 derajat Celsius.

Demikian data-data geografis untuk kota Surabaya yang dapat dilihat dari peta Surabaya yang perlu untuk diketahui sebagai informasi penting. Mengetahui data-data tersebut sangat penting untuk memahami bagaimana karakteristik kota Surabaya.


Kecamatan Yang Ada Di Kota Surabaya

Jika dilihat dari peta Surabaya, Kota yang berstatus menjadi ibu kota provinsi Jawa timur ini, memiliki 31 kecamatan dan 163 kelurahan. Dasar hukumnya adalah undang-undang RI no 12 tahun 1950 terkait pemerintah daerah kabupaten atau kota.


Kelebihan Kota Pahlawan Surabaya

Banyak kelebihan yang dimiliki kota Pahlawan ini, yang mampu menyedot perhatian wisatawan. Selain itu juga bisa menyedot pendatang untuk mengadu nasib di kota kedua terbesar di Indonesia ini. Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki Surabaya:

1. Memiliki Banyak Sekali Taman Yang Indah

Surabaya memang memiliki banyak sekali taman kota yang berfungsi memperhijau kota yang terkenal panas ini. Taman kota juga berfungsi sebagai ruang terbuka hijau yang bermanfaat sebagai paru-paru kota.

Ada sekitar 290 taman pasif dan 71 taman aktif yang bisa dinikmati warga kota atau siapa pun yang berkunjung ke kota ini. Sebut saja beberapa taman yang menjadi ikon kota seperti, taman bungkul, lansia, flora, prestasi, apsara, pelangi dan masih banyak lainnya.

2. Memiliki Jembatan Suramadu Sebagai Ikon Kota

Suramadu adalah jembatan yang menghubungkan kota Surabaya dengan salah pulau Madura sebagai salah satu pulau bagian dari provinsi Jawa Timur. Jembatan ini memiliki panjang 5.438 m, merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini. Rasakan sensasi unik dengan menyusuri jembatan ini dengan bersepada motor, sambil merasakan semilir angina lautnya, akan menjadi pengalaman yang unik.

3. Perkembangan Ekonomi Yang Pesat

Sebagai kota metropolitan, tentu banyak menarik hati investor untuk melakukan investasi di kota ini. Salah satu yang paling berkembang adalah bisnis property, banyak sekali hunian yang dikembangkan di kota ini. Dengan kehidupan masyarakat yang semakin modern, menjadi kesempatan bagi pengembang bisnis property.

4. Kebun Binatang Terbesar Di Asia

Kota Surabaya memiliki kebun binatang KBS (Kebun Binatang Surabaya) yang konon katanya terbesar di Asia Tenggara pada saat itu. Kebun binatang ini cukup tua didirikan pada tanggal 31 Agustus 1916, didirikan dengan nama “Soerabaiasche Planten-en Dierte.

5. Banyak Festival Di Hari Ulang Tahunnya

Saat hari jadi kota, pemerintah selalu mengadakan banyak sekali festival yang sudah menjadi angenda rutin tahunan. Mulai dari festival layang-layang, festival rujak uleg, festival shopping Surabaya dan pasar malam Toenjungan. Sudah bisa dibayangkan betapa meriah ulang tahun kota ini.

6. Fasilitas Dan Layanan Publik Yang Keren

Kota Surabaya memiliki fasilitas dan layanan public yang sangat keren dan mampu memuaskan seluruh penduduknya. Hampir semua fasilitas layanan public di Surabaya dilakukan secara online, jadi penduduk tidak perlu suah mendapatkan layanan public.

Selain itu fasilitas layanan sangat mempermudah bagi yang membutuhkannya, karena diletakkan di ruang public. Sebagai contohnya layanan dispenduk bisa anda dapatkan di mall, kemudian layanan pembayaran pajak ada yang berkeliling menjemput bola.

7. Memiliki Monumen Jalesveva Jayamahe

Tidak kalah dengan New York yang memiliki patung Liberty, Surabaya memiliki monumen Jalesveve Jayamahe setinggi 30,6 m. Monumen ini merupakan kebanggaan perwira TNI angkatan laut, juga sebagai pengingat tentang nenek moyang.

Itulah 7 kelebihan kota Surabaya yang mungkin belum anda ketahui, dengan kelebihan-kelebihan tersebut Surabaya mampu menarik banyak wisatawan. Banyak wisatawan yang datang berkunjung ke kota Pahlawan ini untuk menikmati lokasi wisata dan festival yang diadakan saat hari jadi kota.

Demikian sedikit penjelasan mengenai kota Surabaya, mulai dari asal usul, keadaan geografis sampai kelebihan yang dimiliki kota tersebut. Banyak fakta yang mungkin belum anda ketahui tentang kota Surabaya, yang diulas di atas.

Peta Surabaya bisa menjadi alat peraga yang tepat jika anda ingin membuktikan informasi geografis yang diulas di atas. Dengan melihat peta anda bisa melihat langsung batas-batas dan letak kota ini secara geografis.

Semoga ulasan diatas bisa menjadikan wawasan anda tentang kota Pahlawan menjadi bertambah serta bisa dijadikan referensi tentang Surabaya. Sebuah kota yang sangat menarik untuk dikunjungi baik untuk berlibur maupun belajar sejarah.

Peta Surabaya

Letak Geografis Indonesia

Ayu Utami
3 min read

Letak Astronomis Indonesia

Ayu Utami
3 min read

Peta Aceh

Ayu Utami
4 min read